Jumat, 19 Juli 2013

Jangan Berlebihan Dalam Hal Makan Dan Minum



Berlebihan dalam hal makan dan minum dilarang oleh Allah swt. Sebagaimana firman-Nya dalam kitab suci Al Quran yang artinya: “Makan dan minumlah kamu tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”

Dari ayat tersebut dipahami bahwa Allah mengizinkan untuk makan dan minum secukupnya tetapi jangan berlebihan. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan dalam makan dan minum. Mengapa Allah melararang berlebihan dalam hal makan dan minum? Karena itu semua adalah cara-cara setan.
Berlebihan dalam makan dan minum dapat menimbulkan dampak negatif. Seperti kekenyangan dan tidak bisa lagi melakukan aktivitas.

Khususnya di bulan suci ramadhan masih banyak saudara kita kalau berbuka puasa seperti orang tidak sadar. Setelah seharian puasa, tiba  waktu berbuka puasa langsung balas dendam, hampir semua hidangan dicoba semua. Apa yang terjadi, setelah makan tidak bisa duduk lagi atau baring karena kasoneang/kekenyangan, sampai-sampai tidak bisa lagi melaksanakan ibadah salat magrib.

Marilah kita menyadari bahwa berlebihan dalam makan dan minum itu dilarang oleh Allah dan kita harus menghindarinya. Kita makan secukupnya saja, sebagaiman sabda Rasulullah: “Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang.”

3 komentar: